Profil dan Daftar Skuad Timnas Brasil Piala Dunia 2014

Posted by ibtidak on Saturday, May 17, 2014

Skuad Timnas Brasil Piala Dunia 2014
  • Sejarah Singkat Brasil di Piala Dunia
Sebagai satu-satunya negara yang tidak pernah absen di Piala Dunia, dan sebagai tuan rumah, Brasil tentunya menjadi favorit utama untuk menjuarai pesta sepakbola bulan depan. Hingga saat ini, Brasil sudah lima kali menjuarai Piala Dunia (1958, 1962, 1970, 1994, 2002), dan dua kali menjadi runner-up (1950, 1998).

Optimisme para fans Selecao pun semakin tinggi setelah melihat tim kesayangan mereka menjuarai Piala Konfederasi 2013, dengan kemenangan meyakinkan atas Spanyol 3-0 di final.

Akan tetapi, sejak terakhir kali menjuarai Piala Dunia tahun 2002 lalu, Brasil seperti kehilangan momentum. Meskipun selalu ada regenerasi bakat-bakat baru setiap tahunnya, langkah Brasil selalu terhenti di perempat final pada dua Piala Dunia terakhir. Dan dua tim yang menyingkirkan Brasil di dua perempat final tersebut adalah dua raksasa Eropa, Prancis dan Belanda. Cukup ironis, mengingat sebagian besar para pemain inti Brasil merumput di Eropa.

Puncak keterpurukan Brasil adalah tahun 2012 dan 2013 lalu, ketika terlempar untuk pertama kalinya dari 10 besar ranking FIFA sejak sistem ranking diciptakan tahun 1993. Brasil bahkan sempat terpuruk ke peringkat-22 dunia, yang merupakan peringkat terburuk mereka sepanjang sejarah.

Kembalinya pelatih Luiz Felipe Scolari menjadi titik kebangkitan Brasil. Sebagai pelatih yang berjasa membawa Brasil menjadi juara di Piala Dunia 2002, Scolari tahu betul apa yang kurang dari timnya saat ini.

Tangan dingin Scolari berhasil membawa Brasil meraih tujuh kemenangan beruntun, dari 13 kemenangan dari 14 laga terakhir di semua kompetisi.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, terdapat satu kutukan. Hingga saat ini, belum ada tim yang mampu menjuarai Piala Dunia, setelah memenangkan Piala Konfederasi sebelumnya.

Selain itu, efek dari bermain di kandang sendiri adalah tingginya ekspektasi publik Brasil terhadap tim. Mampukah skuad Brasil menghadapi tekanan tersebut?

Profil Pelatih, Luiz Felipe Scolari
  • scolari
Tekanan untuk memenangkan Piala Dunia di kandang sendiri sangat besar bagi tim Brasil, namun tidak untuk sang pelatih Luiz Felipe Scolari.

Pelatih berusia 65 tahun ini punya segudang pengalaman baik di level klub maupun internasional, dan diprediksi dapat mengembalikan kejayaan Brasil seperti 12 tahun lalu.

Pelatih yang biasa dipanggil Felipao ini, kembali melatih Brasil di bulan Desember 2012 lalu setelah puas ‘tur’ di Eropa. Sebelum kembali ke Brasil, Scolari menghabiskan lima tahun melatih timnas Portugal, dan sempat melatih Chelsea dan tim Uzbekistan, Bunyodkor.

Ia kemudian kembali ke Brasil bersama Palmeiras sebelum mengambil alih tim nasional untuk kedua kalinya.

Brasil tidak terlalu diunggulkan di Piala Konfederasi tahun lalu, namun tangan dingin Scolari berhasil membungkam semua kritikan. Brasil di tangan Scolari meraih 100 persen kemenangan di kompetisi tersebut, bahkan menang telak 3-0 atas juara dunia Spanyol di final.

Pemain Kunci
  • neymar
Tidak diragukan lagi, sosok Neymar akan menjadi pusat perhatian di setiap pertandingan Brasil. Kesuksesan Brasil  menjuarai Piala Konfederasi tahun lalu tak lepas dari performa apik Neymar, yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik pada kompetisi tersebut.

Memang tidak mudah mengikuti jejak para legenda seperti Pele, Ronaldo, ataupun Garrincha. Namun bintang berusia 22 tahun ini punya semua atribut yang dapat menjadikannya pemain besar. Sejak meninggalkan Santos, Neymar mencatat 11 gol dari 15 penampilan bersama timnas Brasil. Secara keseluruhan, Neymar telah mencatat 30 gol bersama timnas, dari 47 penampilan.

Kapten Brasil Thiago Silva juga dapat menjadi pemain yang menentukan di Piala Dunia bulan depan. Konsistensi dan ketenangan yang ditunjukkan bek berusia 29 tahun ini sangat dibutuhkan tim jika ingin menggapai kesuksesan. Bersama kiper andalan Julio Cesar, keduanya adalah sosok kunci di lini pertahanan Brazil.

Skuad Brasil
  • Kiper : Jefferson (Botafogo), Julio Cesar (Toronto FC), Victor (Atletico MG).
  • Bek : Dante (Bayern Munich), David Luiz (Chelsea), Henrique (Napoli), Thiago Silva (PSG), Dani Alves (Barcelona), Maicon (Roma), Marcelo (Real Madrid), Maxwell (PSG).
  • Gelandang : Fernandinho (Manchester City), Hernanes (Inter), Luiz Gustavo (Wolfsburg), Oscar (Chelsea), Paulinho (Tottenham Hotspur), Ramires (Chelsea), Willian (Chelsea).
  • Striker : Bernard (Shakhtar Donetsk), Fred (Fluminense), Hulk (Zenit), Jo (Atletico MG), Neymar (Barcelona).

Profil Singkat Brasil
  • Julukan : Selecao, Canarinho
  • Pelatih : Luiz Felipe Scolari
  • Kapten : Thiago Silva
  • Penampilan Terbanyak : Cafu (142)
  • Topskor : Pele (77)
  • Ranking FIFA : 4
  • Prestasi Piala Dunia : Juara 5 kali (1958, 1962, 1970, 1994, 2002)